HTTP dan HTTPS adalah kode bahasa protokol dalam internet yang sering di jumpai ketika melakukan browsing atau membuka halaman website tertentu. kode tersebut berada di awal yang di sertakan dengan menggunakan tanda titik dua (:) daKita di minta untuk mengetik kode tersebut di awalnya dan diakn garis miring kembal (//).

Pengertian HTTP dan HTTPS

1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia banyak dalam memanfaatkan sumber daya yang dihubungkan dengan link yang disebut dokumen hypertext yang membentuk World Wide Web (www)

2. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

HTTPS sama dengan HTTP, hanya saja pada HTTPS ada kelebihan pada fungsi keamanan (secure). HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer bawah lapisan aplikasi HTTP biasa.

Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS

1. HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)

  • System HTTP rentan terkena serangan cyber para hacker.
  • HTTP paling banyak digunakan oleh sebuah website
  • Port default pada HTTP adalah 80
  • HTTP tidak terbatas untuk digunakan dengan TCP / IP

2. HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

  • HTTPS memiliki sandi data sesi protokol SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security) yang dapat memberikan perlindungan dari serangan para hacker.
  • Https bekerja dengan mentransmisikan interaksi normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga secara teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak lain selain klien dan server.
  • Port default pada HTTPS adalah 443
  • Https digunakan untuk data-data yang bersifat rahasia seperti log-in untuk situs perbankan, formulir, log-on perusahaan, dan aplikasi lainnya.

Dari penjelasan antara perbedaan HTTP dan HTTPS jelas terlihat bahwa untuk segi keamanan lebih bagus menggunakan sistem HTTPS, karena google saat ini juga telah melakukan perubahan sistem Google ke versi HTTPS secara default demi keamanan para penggunaannya.