hallo teman-teman dumet school, kali ini saya akan membahas tentang cara menghapus duplikat kata di PHP. sebelum menghapus duplikat kata atau karakter tentu kita harus mendapatkan kata atau karakter yang sama terlebih dahulu sehingga jika kita sudah menemukannya kita tinggal menghapus kata duplikat tersebut.

Langkah pertama teman-teman siapkan satu variable yang berisi data dengan tipe data stringĀ  dan mengandung kata yang double atau duplikat seperti berikut ini.

$string = “shelliripati@gmail.com, shari@gmail.com, bani@gmail.com, rifkie@gmail.com, david@gmail.com, shelliripati@gmail.com”;

jika sudah maka teman-teman bisa lihat ada kata yang sama di dalam varible string yaitu terdapat data email double atau duplikat dengan alamat email shelliripati@gmail.com. Sebelum kita menghapus duplikat katanya kita pisahkan terlebih dahulu string ke dalam bentuk array menggunakan fungsi explode() pada php yang mengacu kepada simbol koma “,” sebagai pemisah stringnya.

$string_array = explode(“, “, $string);

Langkah selanjutnya teman-teman gunakan fungsi array_unique() untuk menghapus array yang double atau duplikat seperti script di bawah ini.

$final_array = array_unique($string_array);

dan langkah terakhir teman-teman bisa kembali menggabungkan data array kedalam string menggunakan fungsi implode() dan disambung dengan simbol koma “,” seperti pada script di bawah.

$final_string = implode(“, “, $final_array);

Nah jika dilihat script dari keseluruhan maka akan seperti script di bawah ini.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Cara Menghapus Duplikat Kata Di PHP</title>
</head>
<body>
	<h1>Cara Menghapus Duplikat Kata Di PHP</h1>
	<?php
		$string = "shelliripati@gmail.com, shari@gmail.com, bani@gmail.com, rifkie@gmail.com, david@gmail.com, shelliripati@gmail.com";
		$string_array = explode(", ", $string); 
		$final_array = array_unique($string_array); 
		$final_string = implode(", ", $final_array); 

		echo "<h1>String Sebelum Di Hapus Duplikat Katanya<h1> ".$string;
		echo "<br>";
		echo "<h1>String Setelah Di Hapus Duplikat Katanya<h1> ".$final_string;
	 ?>
</body>
</html>

dan jika teman-teman buka di browser maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini. dimana hasil output yang berasal dari varibel string sebelum duplikat kata di hapus dan output kedua adalah hasil dari variable finis_string yang duplikat kata atau karakternya sudah di hapus.

Cara Menghapus Duplikat Kata Di PHP

Demikian artikel tentang Cara Menghapus Duplikat Kata Di PHP. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.