Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara transfer domain di hosting yang berbeda. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, apabila kalian membeli domain berikut dengan hostingnya didalam satu reseller hosting yang sama maka kalian tidak perlu lagi untuk mensetup domain tersebut supaya bisa terhubung dengan hosting, karena biasanya untuk konfigurasi domain tersebut defaultnya sudah mengarah ke DNS hosting tersebut. Istilah konfigurasi atau setup domain tersebut biasanya dikenal dengan istilah Pointing Domain.

Sebenarnya sangat sederhana, syarat utama supaya domain tersebut bisa terhubung dengan hosting yang ingin dijadikan server dari domain tersebut adalah menambahkan atau merubah name server yang sudah disediakan oleh hosting tersebut. Dan pada kasus disini adalah dimana teman-teman ingin mentransfer atau ingin menghubungkan domain kedalam account hosting yang dibeli dari lain provider. Contohnya, teman-teman membeli domain di perusahaan reseller domain PT.A sedangkan untuk account server hostingnya teman-teman membeli di perusahaan reseller hosting PT.B. Jadi dari keduanya teman-teman membeli di tempat yang terpisah. Dan jika permasalahan teman-teman sama seperti pada contoh kasus disini kalian tidak perlu khawatir. Dan untuk Pointing Domain tersebut supaya bisa saling terhubung dengan hosting yang dituju langkah utama yang harus teman-teman lakukan adalah.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman login terlebih dahulu kedalam panel domain atau kedalam client area tempat kalian membeli domain. Jika bingung kalian bisa tanyakan ke pihak penjual domain tersebut dengan pertanyaan seperti berikut ( dimanakah saya bisa melakukan pengaturan DNS domain tersebut ? ).
  • Dan jika sudah bisa login kedalam panel domain tersebut, teman-teman bisa pilih menu Domain jika ada, selanjutnya cari tombol Manage Nameservers seperti contoh gambar berikut :

manage domain

 

 

 

 

  • Jika sudah selanjutnya teman-teman isi kotak pada Nameserver 1 s/d Nameserver 4 dengan DNS hosting yang ingin dihubungkan ( jika tidak tahu alamat dns tersebut bisa kalian tanyakan ke pihak penjual hosting tersebut ) biasanya dns tersebut terdiri dari 4 yaitu untuk Nameserver 1 s/d Nameserver 4.
  • Jika sudah jakan lupa untuk menekan tombol Change Nameserver atau tombol yang terkait dengan tombol konfirmasi untuk melakukan perubahan.
  • Sampai disini selanjutnya teman-teman masuk ke dalam CPANEL hosting tersebut dan cari menu Addon Domains dan isi dengan nama domain yang sebelumnya ingin dihubungkan. seperti pada contoh gambar berikut

addon domains

  • Jika sudah klik tombol Add Domain.
  • Sampai disini kalian sudah berhasil melakukan Pointing Domain, jika domain tersebut masih belum bisa diakses biasanya membutuhkan waktu tunggu selama 1x24jam. atau kalian bisa clear cache melalui CMD (command prompt).

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara transfer domain di hosting yang berbeda, semoga bermanfaat.