Dampak Teknologi Bagi Perkembangan Anak – Perkembangan teknologi yang meningkat sangat pesat membuat para orang tua merasa harus menyesuaikan perkembangan anaknya agar tidak di cap ketinggalan trend oleh lingkungan. Sudah bukan hal yang asing jika Anda melihat anak sekolah dasar membawa gadget mahal untuk menghabiskan waktunya.Aktivitas diluar rumah pun akan berkurang, anak mungkin akan ketergantungan teknologi dan kesadaran akan lingkungan sekitarnya. Perkembangan teknologi memang tidak bisa dicegah ataupun dihindari. Teknologi bisa menyebabkan dampak buruk bagi pertumbuhan anak-anak.

Banyak pengguna Smartfren, Internet dan laptop mengatakan bahwa teknologi adalah sebuah kemajuan. Memang benar, beberapa aplikasi di teknologi bisa membantu kemajuan otak dan juga pekerjaan. Namun, kemajuan teknologi juga dapat berisiko. Teknologi juga dapat mematikan tingkat kecerdasan otak manusia.

Masa anak-anak adalah masa pencarian jati diri dan penyesuaian terhadap lingkungan. Banyak orang tua yang bangga jika anak-anaknya unggul dalam mengoperasikan teknologi. Ini jelas salah, orang tua sangat berperan penting bagi masa depan mereka.

Dampak-dampak teknologi bagi perkembangan anak, adalah :

1. Anti Sosial
Teknologi dapat membuat mereka menjauhi pergaulan secara langsung dan ini akan memberikan peluang terhadap gejala gangguan kepribadian “anti sosial” untuk berkembang.

2. Kurang Empati
Teknologi bisa membuat anak jarang memperoleh perasaannya terhadap kesulitan orang lain. Ini akan melahirkan sebuah pribadi yang sombong dan angkuh.

3. Perilaku yang Konsumtif
Teknologi yang berkembang pesat tentu akan memberikan fitur-fitur terbaru yang semakin canggih, membuat anak selalu menuntut pembaruan gadget dan tidak pernah puas akan gadget yang dimilikinya.

4. Kacaunya waktu tidur
Melatonin adalah hormon utama yang dapat membantu Anda mengatur jam, misalnya memberitahu tubuh untuk istirahat (tidur) ketika sudah hampir larut dan juga mulai mengantuk. Namun, cahaya biru di gadget dapat membuat proses tersebut menjadi terganggu dan mustahil jika Anda bisa tidur tepat waktu. Jika Anda kurang tidur dalam 7 jam, Anda akan merasakan dampaknya seperti : susah fokus.Hal ini dapat membuat Anda secara perlahan menjadi bodoh.

5. Kecanduan
Menghabiskan banyak waktu di internet dapat membuat perubahan dalam otak menjadi seseorang yang kecanduan akan obat-obatan atau alkohol. Pecandu internet memiliki materi yang abnormal di otak mereka.

6. Membuat perhatian terbagi
Faktanya, teknologi membuat perhatian mudah terpecah. Anda pasti sering memeriksa ponsel sambil menyelesaikan pekerjaan Anda. Kenyataannya, mengerjakan beberapa tugas sekaligus tak akan menyelesaikan tugas lainnya dengan baik.

http://kursusmobileapplication.com/kakatu-aplikasi-buatan-anak-bangsa-sebagai-pemantau-pemakaian-gadget-anak/