Jika bicara soal sebuah inputan form memang itu sangat penting sekali dimana inputan form sendiri itu berhubungan dengan database, kita tidak mau seseorang menginputkan sebuah data dengan asal apalagi sebuah file, bisa jadi seseorang mengupload sebuah file, dengan size yang sangat besar dimana itu bisa ngurangi sebuah bandwith yang kita punya sebuah hosting nanti, maka dari itu disini saya akan share hal hal yang harus di perhatikan saat membuat inputan File, jadi jangan kemana-mana simak terus ya.

Seperti yang saya tulis di atas dimana hal hal yang harus di perhatikan saat membuat inputan File itu teman-teman harus sudah menentukan:

  1. file apa atau inputan file ini khusus untuk file gambar kah, file video atau file berkas seperti itu, dengan inputan file sendiri, dia itu beda dengan sebuah inputan form lainya, dimana perbedaanya adalah, jika inputan lain, kita hanya butuh sebuah valunya saja, tetapi dengan inputan file kita bisa melihat jenis file apa yang sedang di kirim.
  2. Berapa maksimal dan berapa minimal file yang boleh di upload, disini ada cara untuk mengatur sebuah inputan filenya, kita bisa dari tag HTMLnya atau bisa juga di sebuah servernya, jika di sebuah servernya teman-teman bisa atur di php.ini teman-teman atur di post_max_size dan juga upload_max_size silahkan teman-teman atur.
  3. selanjutnya jika sudah teman-teman atur ini yang kadang kita sepelekan, biasanya ketika kita mengupload sebuah file, misal gambar, file gambar tersebut kadang kita letakan pada salah satu folder saja yaitu images, sebenarnya tidak salah tetapi, kedepannya jika banyak user yang menggunakan dan mengupload sebuah gambar, pasti file gambar itu akan semakin banyak, dan ketika teman-teman ingin mencarinya pasti di butuhkan waktu untuk mencari gambar tersebut, maka dari itu alangkah baiknya kita buat folder berdasarkan tanggal saat mengupload.
  4. jika serasa agak ribet untuk membuat folder khusus filenya teman-teman bisa sisipkan nama file gambar tersebut dengan tanggal saat menginputnya, tetapi takutnya ada yang menginput data saat bersamaan, dan namanya sama itu yang akan jadi masalah, di samping menyisipkan tanggal teman-teman bisa buat kode acak untuk file tersebut, dengan ini tidak hanya untuk mempermudah tetapi kita juga mengupload dengan gambar yang sama, jika kita tidak memvalidasi tersebut yang ada file yang sama tidak akan terupload jika sudah ada file yang sama dari uploadan.

Lalu seperti apa untuk kodingan seperti di atas untuk hal hal yang harus di perhatikan saat membuat inputan File, nanti kita akan buat, oke saya rasa cukup sampai disini semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya terimakasih.