Sebelumnya kita sudah banyak sekali membuat method method dan route2 pada aplikasi todolist kita, terakhir kita telah membuat fungsi edit dan update , dan di step terakhir ini kita akan membuat fungsi Delete pada Todolist Aplikasi kita yuk kita praktekan saja Membuat Todolist dengan Framework Laravel Step 7 ini.

pertama tama kita ke bagian routes nya dan tambah kan route berikut.

dan kita ke TodoController dan buat method dengan nama destroy yang isinya seperti berikut:

dimana kita panggil eloquent Todo yang isinya adalah data dari tabel 00todo berdasarkan id yang di pilih, dan kita jalankan fungsi delete() setelah menjalankan fungsi delete, kita redirect ke view todo dengan flash message delete. dan di view home.blade.php tambahkan.

home.blade.php

di bawah flash message sukses tambahkan flash message delete ini.

dan di dalam form tambahkan sedikit kode di atas.

setelah itu kita ke edit.blade.php, sama halnya seperti di home.blade.php kita tambahkan flash message delete dan form.

edit.blade.php

dan

setelah itu coba kita jalankan di browser.

dan coba kita coba hapus salah satu data nya, misal saya akan menghapus data bernama Test12. langsung saja kita tekan tombol delete di data Test12

maka data tersebut akan terhapus dan flash message akan muncul seperti di atas. dan di database juga bisa di cek akan terhapus.

baiklah sekian tutorial Membuat Todolist dengan Framework Laravel ini teman teman, walaupun panjang tutorialnya tapi semoga bermanfaat dan membantu teman teman dalam belajar koding dengan menggunakan Framework Laravel.