Dalam memasarkan sebuah bisnis pada saat sekarang ini lebih cenderung menggunakan digital marketing, digital marketing merupakan langkah yang sangat tepat kita untuk dilakukan dalam memasarkan sebuah product, dalam dunia digital marketing terdapat sebuah istilah User Interface dan User Experience atau yang lebih dikenal dengan sebutan UI dan UX sebagai desain grafis website yang kita miliki. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Antara UI dan UX Dalam Pembuatan Website nah berikut perbedaan antara UI dan UX dalam pembuatan website.

  • User Interface (UI)

UI merupakan desain antar muka yang lebih memfokuskan desain dari website yang ingin kita buat, seperti pemilihan warna yang tepat serta beberapa hal lainnya yang dapat membuat tampilan dari website tersebut lebih enak dipandang mata sehingga para pengunjung betah untuk berlama-lama dalam website kita.

UI lebih berperan dalam meningkatkan ikatan emosional dengan para penggunanya melalui berbagai desain yang menarik dan indah. Umumnya UI diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai, hanya dengan menentukan desain layout, logo, warna, typography maupun hal-hal yang dapat membuat website yang kita buat menjadi lebih menarik.

  • User Experience (UX)

UX berbeda dengan UI, pada UX merupakan desain yang kita gunakan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dari pengunjung atau pengguna website, bisa berupa kemudahan dalam mengakses atau mencari informasi yang dibutuhkan dan lebih mudah dipahami tidak membingungkan para pengguna.

UX dapat dikatakan keseluruhan dari element yang terdapat di dalam suatu website,  mulai dari susunan, struktur, kemudahan dalam mengakses atau mendapatkan yang dibutuhkan informasi, dan kemudahan untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lainnya.

Tujuan dari penerapan UI dan UX ini adalah, UI mempunyai tujuan utama untuk menampilkan desain interface yang seragam namun mempunyai konsistensi yang baik mulai dari pemilihan font, gambar, warna yang tepat, maupun bentuk visual lainya dengan desain yang menarik.

Sedangkan UX bertujuan untuk membuat website lebih untuk digunakan oleh pengunjung atau penggunanya. Desain UX dituntut untuk dapat menjadi jembatan penghubung agar UI agar desain website yang telah kita buat menjadi lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Perbedaan Antara UI dan UX Dalam Pembuatan Website.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.