Oke teman-teman sekarang kita akan lanjutkan pembahas kita, dimana masih membahas tentang Best Practices pada penggunaan Framework laravel , Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Naming Function secara Best Practice maka kita akan lanjutkan masih tentang naming function pada laravel Best Practices.

Best Practices, Bagi kita yang berprofesi sebagai softwere Engineer pasti tidak asing lagi atau setidaknya kita pernah dengar istilah tersebut. Best Practices adalah metode atau teknik yang telah diterima secara umum sebagai lebih unggul daripada alternatif apa pun karena menghasilkan hasil yang lebih unggul daripada yang dicapai dengan cara lain atau karena telah menjadi cara standar dalam melakukan sesuatu.

Jika secara defenisi demikian bunyinya maka cara tersebut pun dapat kita implementasi ke Framework yang kita paka dalam kasus ini adalah LARAVEL FRAMEWOK. Dimana kita akan bedah cara terbaik dalam menggunakan Framework ini, Oke langsung saja kita bahas yang pertama adalah :

Database Conventions

Oke sekarang kita telah masuk ke dalam Database Conventions, maksudnya dari Database Conventions adalah sintak-sintak atau cara-cara yang berhubungan dengan Database yang umum di kalangan komunitas Laravel Framework.

Table and Fields Naming

Nama tabel HARUS dalam bentuk jamak dan HARUS semuanya huruf kecil seprti contoh di bawah ini :

Good

class CreateFlightsTable extends Migration
{
    public function up()
    {
        Schema::create('flights', function (Blueprint $table) {

Bad

class CreateFlightsTable extends Migration
{
    public function up()
    {
        Schema::create('flight', function (Blueprint $table) {
class CreateUsersTable extends Migration
{
    public function up()
    {
        Schema::create('MyUsers', function (Blueprint $table) {

Good

post_user
article_user
photo_post

Bad

posts_users
user_articles
post_photos

Nama kolom tabel HARUS dalam snake_case tanpa nama model

Good

username
title
thumb_url

Bad

UserName
_title
ThumbUrl
post_title

Foreign Key HARUS menjadi nama model tunggal dengan akhiran _id

Good

user_id

Bad

userid
siteid
Memberid
TransactionID

Kunci Utama HARUS menjadi “id”

Good

id

Bad

ID
pkid
guid

Oke baiklah teman-teman seperti itulah Cara Implementasi Best Practices Laravel Framework Part 5 khusususnya tentang pembuatan controller yang baik sesuai kaidah yang di terima oleh komunitas laravel itu sendiri.  kita akan lanjutkan pada artikel selanjutnya agar tidak terlalu panjang dan nyaman untuk di baca dan di pahami.

WhatsApp chat