Pada artikel kali ini setelah sebelumnya kita telah membahas tentang berbagaimaca method collections pada framework laravel, Untuk saat ini artikel ini saya khususkan bagi teman-teman yang belum pernah mencoba menggunakan laravel atau masih ragu tentang framework PHP yang satu ini berikut 5 ALASAN MENGAPA KITA HARUS BELAJAR LARAVEL DI 2020.

Pilihan framework mana yang akan digunakan saat mengembangkan aplikasi tergantung pada banyak faktor, tetapi sama seperti framework aplikasi lainnya, Laravel memang memiliki pro dan kontra. Meninggalkan kontra nya, saya ingin fokus pada keuntungan menggunakan kerangka Laravel.

Keuntungan Menggunakan framework Laravel

Jika ini terdengar menarik dan cukup mendorong untuk menggunakan framework untuk aplikasi Anda berikutnya, maka izinkan saya berbagi beberapa keuntungan yang dimiliki Laravel dibandingkan framework PHP lainnya. Keuntungan ini tentu saja menjadikan Laravel salah satu pesaing utama untuk framework PHP terbaik.

1. User Authentication Out Of The Box

Laravel menawarkan otentikasi pengguna Out Of The Box. Aplikasi web modern apa pun akan membutuhkan otentikasi pengguna, dan Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mengaturnya dengan framework laravel. Ketika Anda mengatur otentikasi pengguna, Laravel menciptakan semua komponen penting seperti model pengguna, register dan pengontrol login dan juga tampilan yang sesuai. Sangat mudah untuk memperluas komponen-komponen ini untuk menambah fungsionalitas lebih lanjut sesuai dengan logika bisnis yang diinginkan dari aplikasi Anda.

Selain itu, Laravel juga menawarkan paket sosialite, yang memungkinkan aplikasi Anda untuk mengotentikasi pengguna menggunakan berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Google Plus dan Twitter. Ada konfigurasi minimum yang harus Anda lakukan agar ini berfungsi.

2. Artisan Commands

Artisan bagi saya adalah fitur paling elegan dan berguna yang ditawarkan oleh Laravel. Artisan adalah antarmuka baris perintah untuk Laravel dan membantu pengembang mengotomatisasi banyak tugas menggunakan baris perintah itu sendiri. Perintah artisan dapat digunakan dalam aplikasi itu sendiri, dan Pengembang juga dapat membuat perintah Artisan tambahan.

Ada perintah Artisan untuk semua tugas umum yang dapat Anda pikirkan, seperti, membuat model, membuat controller, membuat seeder basis data, memigrasi basis data, dan seterusnya. Daftar ini tidak ada habisnya. Mengapa saya mengatakan itu elegan adalah karena yang harus Anda lakukan adalah memberikan perintah dan Laravel menanganinya.

3. The Eloquent ORM

Eloquent adalah laravel ORM (Object Relationship Mapping) informasi lebih lanjut

https://en.wikipedia.org/wiki/Object-relational_mapping. Eloquent membuat pengambilan data dari database sangat mudah. Membuat hubungan antara tabel dan mengambil data dari tabel ini juga difasilitasi oleh Eloquent. Eloquent juga memungkinkan Anda membuat berbagai gabungan dalam tabel dan menawarkan banyak fungsi pembantu yang membuat berinteraksi dengan basis data menjadi sangat mudah. Anda hampir tidak pernah harus menulis query atau fungsi SQL. Terima kasih kepada Eloquent Laravel yang menawarkan dukungan di luar kotak untuk basis data ini:

– MySQL

– PostgreSQL

– SQLite

– SQL Server

Anda menebaknya dengan benar, ini pada dasarnya berarti bahwa selama Anda menggunakan Eloquent Anda tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas dengan salah satu dari database di atas. Juga membuat peralihan dari satu basis data ke basis data lainnya sangat mudah. Sekarang coba bayangkan skalabilitas yang diberikan ini ke aplikasi Anda. Izinkan saya menjelaskannya dengan sebuah contoh, mari kita asumsikan Anda mulai dengan aplikasi yang memiliki basis pengguna kecil di awal. Karena jumlah pengguna lebih sedikit dan aplikasi dalam tahap awal, Anda memutuskan untuk menggunakan MySQL sebagai databasenya. Kemudian, basis pengguna aplikasi Anda tumbuh ke tingkat yang cukup besar, dan Anda mungkin harus mengganti SQL Server sebagai basis data Anda. Membuat perubahan ini semudah mengubah detail konfigurasi khusus di Laravel.

  1. Blade Template Enginee

    Blade adalah mesin pengolah Laravel. Blade selangkah lebih maju dalam memisahkan pandangan Anda dari logika bisnis Anda. Blade menjaga kode tampilan Anda sangat bersih. Pentingnya Blade akan menjadi lebih jelas setelah Anda memahami pola arsitektur model-view-controller dan bagaimana Laravel mengimplementasikannya. Blade juga menawarkan Anda templat warisan karena Anda dapat membagi templat terlambat Anda menjadi beberapa bagian dan mewarisi bagian-bagian tersebut ke dalam file tampilan lain. Dengan bantuan Blade, Anda dapat membuat bagian logis yang lebih kecil yang kemudian dapat dimasukkan untuk membentuk tampilan yang lengkap.

 

  1. Active Community

    Laravel memang memiliki komunitas yang aktif. Saat Anda menghadapi masalah, Anda dapat mencari dan pasti akan menemukan banyak posting stack overflow yang memenuhi pertanyaan Anda. Terlepas dari komunitas aktif pada stack overflow, ada forum diskusi Laracast. Anda dapat mendaftar secara gratis di Laracast untuk menjadi bagian dari forum diskusi dan komunitas di sini sangat aktif.