Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fitur keren laravel lainya, jika sebelumnya kita telah membahas tentang Mengenal Fitur Terbaru Laravel 7 – Mail Markdown Templates pada laravel sekarang kita akan membahas fitur collections laravel yaitu Cara Menggunakan GroupBy Method Di Laravel Collections.

Laravel Collections adalah sebuah fitur yang berguna untuk memudahkan kita dalam mengolah data array. Dalam mengolah data array tentu banyak sekali operasi yang perlu dilakukan seperti sorting, filtering, update dan masih banyak lagi yang lain.

Pada laravel collection ini sendiri ada setidaknya 101 operasi yang bisa dilakukan dengan data array. Saya rasa ini sudah cukup lengkap dan memudahkan kita untuk mengolah data array.

Fungsi groupBy()  merupakan bagian dari fungsi collection yang berfungsi untuk melakukan grouping data berdasarkan key atau kolom pada database. Oke langsung saja kita melakukan contoh penggunaanya pada laravel :

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;


class ExampleCollectionsController extends Controller
{
    public function index()
    {
        $data = collect([
                ['type' => 'Iphone x', 'price' => '$500'],
                ['type' => 'Iphone 6', 'price' => '$150'],
                ['type' => 'Redmi 5', 'price' => '$50'],
                ['type' => 'Redmi 5', 'price' => '$20'],
                ['type'  => 'Iphone x', 'price' => '$50'],
                ['type'  => 'Iphone x', 'price' => '$50'],
            ])->groupBy('type');

            dd($data);

        
    }
}

Jika di lihat di dalam data tersebut terdapat beberapa type handphone yang sama dari keseluruhan data yang ada pada array tersebut. Nah data yang sama tersebut kita dapat atur dan klasifikasi dengan melakukan grouping agar kita bisa mengetrahui berdasarkan kolom tertentu terdapat berapa banyak data.

Nah setelah di lakukan namanya group maka data-data tersebut akan menjadi seperti berikut ini :

Cara Menggunakan GroupBy Method Di Laravel Collections

Cara Menggunakan GroupBy Method Di Laravel Collections

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika di lihat setelah di lakukan grouping makan data yang ter-return akan menjadi terklasifikasi berdasarkan kolom “type” .

Oke cukup untuk artikel kali ini tentang Cara Menggunakan GroupBy Method Di Laravel Collections semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, sampai bertemu pada artikel selanjutnya

WhatsApp chat