Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fitur keren laravel lainya, jika sebelumnya kita telah membahas tentang  Cara Menggunakan Contains Method Di Laravel Collections pada laravel sekarang kita akan membahas fitur collections laravel yaitu Cara Menggunakan Map Method Di Laravel Collections.

Laravel Collections adalah sebuah fitur yang berguna untuk memudahkan kita dalam mengolah data array. Dalam mengolah data array tentu banyak sekali operasi yang perlu dilakukan seperti sorting, filtering, update dan masih banyak lagi yang lain.

Pada laravel collection ini sendiri ada setidaknya 101 operasi yang bisa dilakukan dengan data array. Saya rasa ini sudah cukup lengkap dan memudahkan kita untuk mengolah data array.

Sebagai seorang softwere developer pasti kita menemukan sebuah kasus dimana saat kita bertemu sebuah array dan ingin memanipulasinya anggap saja misal kita ingin merubah nilai array dengan sesuatu nilai yang baru.  Nah saat ini lah penggunaan method map() dapat di implementasikan misal penggunaan sederhanyanya :

 $suites     = collect(['Clubs', 'Diamonds', 'Hearts', 'Spades']);
        return $suites->map(function($item, $key){
            return strtolower($item);
        });

Pada kode di atas terdapat sebuah array satu dimensi yang berisi beberapa string, lalu kasusnya kita ingiin merubah nilai dari array tersebut menjadi sebuah nilai yang baru yaitu menjadi lowercase.  Untuk melakukanya kita tinggal menggunakan map collections lalu method map menerima sebuah callback dengan 2 parameter :
$item => Merupakan value dari array collection
$key  => Merupakan key dari array collection

Kedua parameter tersebut dapat kita gunaakan untuk menciptakan nilai yang baru, Lalu selanjutnya di dalam function callback kita ubah nilai nya menjadi semua string dalam array menjadi lowercase. Dan hasilnya akan seperti ini :

[
"clubs",
"diamonds",
"hearts",
"spades"
]

Nah ini hanyalah penggunaan map secara sederhanya, kita bisa menggunakanya untuk kasus yang lebih kompleks lagi dari ini dengan beberpa penyesuaian.

Oke cukup untuk artikel kali ini tentang Cara Menggunakan Map Method Di Laravel Collections semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

 

WhatsApp chat