Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fitur keren laravel lainya, jika sebelumnya kita telah membahas tentang  Cara Menggunakan Contains Method Di Laravel Collections pada laravel sekarang kita akan membahas fitur collections laravel yaitu Cara Menggunakan Map Method Di Laravel Collections..

Laravel Collections adalah sebuah fitur yang berguna untuk memudahkan kita dalam mengolah data array. Dalam mengolah data array tentu banyak sekali operasi yang perlu dilakukan seperti sorting, filtering, update dan masih banyak lagi yang lain.

Pada laravel collection ini sendiri ada setidaknya 101 operasi yang bisa dilakukan dengan data array. Saya rasa ini sudah cukup lengkap dan memudahkan kita untuk mengolah data array.

Fungsi mapWithKeys merupakan  bagian darui fungsi  collections map dimana keduanya memiliki fungsi yang mirip di antara keduanya namun yang membedakan adalah jika fungsi map hanya dapat memanipulasi value dari array sementara fungsi mapWithKeys memiliki kemampuan untuk melakukan manipulasi keys dari array tersebut.

 $suites     = collect([
            'value1' => 'Test',
            'value2' => 'Test2',
            'value3' => 'test3'
            ]);
        return $suites->mapWithKeys(function($item, $key){
            if($key == "value2") {
               return []; 
            }

            return [$ite => $key];
        });
 */

Jika dilihat pada kode di atas terlihat terdapat sebuah array dengan keys berupa string, fungsi map di gunakan untuk merubah keys menjadi value dan melakukan pengecekan. Dan hailnya akan seperti ini :

{
Test: "value1",
test3: "value3"
}

Oke cukup untuk artikel kali ini tentang Cara Menggunakan mapWithKeys Method Di Laravel Collections semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.