Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fitur keren laravel lainya, jika sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Menggunakan Max Method Di Laravel Collectionspada laravel sekarang kita akan membahas fitur collections laravel yaitu Cara Menggunakan Min Method Di Laravel Collections.

Laravel Collections adalah sebuah fitur yang berguna untuk memudahkan kita dalam mengolah data array. Dalam mengolah data array tentu banyak sekali operasi yang perlu dilakukan seperti sorting, filtering, update dan masih banyak lagi yang lain.

Pada laravel collection ini sendiri ada setidaknya 101 operasi yang bisa dilakukan dengan data array. Saya rasa ini sudah cukup lengkap dan memudahkan kita untuk mengolah data array.

Sebelumnya kita telah membahas Method MAX pada collection laravel untuk sekarang kita akan mempelajari method kebalikanya yaitu MIN Method collections.

Secara sederhanyanya methid min berfungsi untuk mencari nilai terendah dari sebuah integer pada data array, misalkan kita memiliki baris kode berikut ini :

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;


class ExampleCollectionsController extends Controller
{
    public function index()
    {
        $data = [
            1000,
            2000,
            3000,
        ];

        return collect($data)->min();
    }
}

Kode tersebut otomatis akan mereturn sebuah integer terendah dari variable $data dan akan mencetak angka :

1000

penggunaan sederhana dari method min() adalah seperti di atas,   Apakah kita bisa lebih advance lagi untuk penggunaanya ?

Tenti saja bisa, karena min tersebut merupakan sebua method dimana laravel juga menyediakan fitu call back atau clousure untuk method min tersebut, Berikut merupakan contoh penggunaan dari method min menggunakan Callback :

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;


class ExampleCollectionsController extends Controller
{
    public function index()
    {
        $data = [
            ['price' => 1000, 'tax' => 100, 'active' => false],
            ['price' => 2000, 'tax' => 200, 'active' => true],
            ['price' => 3000, 'tax' => 300, 'active' => false],
        ];

        return collect($data)->min(function($value) {

            if(!$value['active']) {
                return null;
            }
            return $value['price'] + $value['tax'];
        });
    }
}

Jika program di atas di jalankan maka akan tercetak :

2200

dengan menggunakan callback kita dapat lebih memanipulasi dari output array tersebut sesuai dengan kondisi dan keingin kita, Bagaimana teman-teman keren kan ? Hehehehe.

Oke cukup untuk artikel kali ini tentang Cara Menggunakan Min Method Di Laravel Collections semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

 

WhatsApp chat