Pada artikel kali ini Kursus Website Online akan membahas tentang fitur keren laravel lainya, jika sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Menggunakan Sort Method Di Laravel Collections pada laravel sekarang kita akan membahas fitur collections laravel yaitu Cara Menggunakan Zip Method Di Laravel Collections.

Laravel Collections adalah sebuah fitur yang berguna untuk memudahkan kita dalam mengolah data array. Dalam mengolah data array tentu banyak sekali operasi yang perlu dilakukan seperti sorting, filtering, update dan masih banyak lagi yang lain.

Pada laravel collection ini sendiri ada setidaknya 101 operasi yang bisa dilakukan dengan data array. Saya rasa ini sudah cukup lengkap dan memudahkan kita untuk mengolah data array.

Metode Zip menambahkan nilai-nilai array yang diberikan dengan nilai-nilai koleksi. Nilai ditambahkan ke indeks yang sama yang berarti nilai pertama array akan digabungkan dengan nilai pertama koleksi. Di sini, Kursus Website Online menggunakan array koleksi yang kami buat di bawah ini.

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;


class ExampleCollectionsController extends Controller
{
    public function index()
    {
        $collection = collect([
            [
                'user_id' => '1',
                'title' => 'Helpers in Laravel',
                'content' => 'Create custom helpers in Laravel',
                'category' => 'php'
            ],
            [
                'user_id' => '2',
                'title' => 'Testing in Laravel',
                'content' => 'Testing File Uploads in Laravel',
                'category' => 'php'
            ],
            [
                'user_id' => '3',
                'title' => 'Telegram Bot',
                'content' => 'Crypto Telegram Bot in Laravel',
                'category' => 'php'
            ],
        ]);

        $zipped = $collection->zip([1, 2, 3]);
 
        return $zipped->all();

        
    }
}

Dan setelah di jalankan maka hasil dari collectionya adalah seperti berikut ini :

Cara Menggunakan Zip Method Di Laravel Collections

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, pada dasarnya itu. Jika jumlah array kurang dari jumlah koleksi, laravel akan menambahkan nol di akhir elemen koleksi yang tersisa. Juga, jika jumlah array lebih besar dari jumlah koleksi, laravel akan menambahkan nol untuk elemen koleksi diikuti oleh nilai array selanjutnya.

Oke cukup untuk artikel kali ini tentang Cara Menggunakan Zip Method Di Laravel Collections semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.

Mau belajar website online bersama Dumet School Gratis? Mau Coba Kelas Gratis? Daftarkan diri anda untuk mendapatkan kelas gratis hubungi kami di 0819-9366-6688 atau via email ke info@dumetschool.com