Hallo sahabat, bertemu lagi dalam website Dumetschool. Pada pertemuan kali ini saya ingin membahas tentang cara menghitung kata yang sering dipakai dalam array. Dalam kasus ini kita akan menghitung kata dalam array yang sering dipakai pada sebuah string. Jadi saya akan membuat sebuah string dimana didalamnya terdapat sebuah paragraph. Dalam paragraph ini tentu akan terjadi perulangan kata yang terdapat didalamnya, oleh karena itu saya menyiapkan beberapa kata dalam array dengan kemungkinan dipakai nanti di sebuah string atau paragraph. Langsung saja sahabat sebuah file lalu ketikkan code berikut ini:

<?php    
 $kata_array = array("lorem", "ipsum", "huruf", "dummy", "text");  
 $string = "Apakah Lorem Ipsum itu?
		Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf. Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.
";  
 echo $string . '<br /><br />';  
 foreach($kata_array as $kata)  
 {  
      echo '<b> Kata : ' . $kata . ' muncul dalam ' . substr_count(strtolower($string), $kata) . " kali.</b><br />";  
 }  
 ?>

pada code diatas saya membuat variable $kata_array yang terdapat beberapa array kemudian membuat sebuah variable $string berisi paragraph. Kemudian saya menggunakan fungsi perulangan foreach. Selanjutnya sahabat simpan code diatas kemudian jalankan pada browser dan lihat hasilnya akan seperti berikut ini.

Cara Menghitung Kata Yang Sering Dipakai Dalam Array

Jadi jumlah kata dalam array yang sering dipakai didalam sebuah string ada kata lorem dan ipsum .

Demikian pembahasan yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi

terima kasih.

WhatsApp chat