Dalam merancang sebuah sistem database merupakan hal yang terpenting yang tidak dapat kita lupakan, karena untuk menciptakan data yang baik dan konsisten kita perlu merancang database dengan tepat, nah pada tutorial kali ini kita akan membahas bagai mana Cara Merancang Database Dengan Tepat sehingga dapat menciptakan struktur database yang fleksibel terhadap data, sebuah data merupakan aset, maka dari itu kita tidak boleh sembarangan dalam merancang sebuah database.

Untuk merancang sebuah database sangat mudah, yang terpenting dalam merancang database yaitu data yang dibutuhkan dapat disimpan dan dapat mempermudah pekerjaan kita nantinya, perancangan data base merupakan sebuah proses untuk menentukan dan pengaturan data yang dibutuhkan untuk mendukung perancangan sistem yang akan kita buat.

Untuk merancang sebuah database ada beberapa aturan yang harus kita pahami sehingga database yang akan kita buat dapat terstruktur dengan baik diantanya yaitu :

  1.     Jika kita membuat sebuah table di dalam database kita tidak diperbolehkan menggunakan nama yang sama atau redundancy data.
  2.     Setiap table yang terdapat didalam database haruslah memiliki kolom yang unik, kolom unik ini nantinya akan menjadi kunci utama pada setiap table yang terdapat di dalam database (primary key).
  3.     Dalam merancang database kita harus memperhatikan apakah rancangan dapat menampung data sesuai yang dibutuhkan.
  4.     Database yang dirancang nantinya dapat dikembngkan dengan mudah.
  5.     Dapat memenuhi kebutuhan sistem, sehingga sistem tersebut dapat dikembangankan dengan mudah.

Dari beberapa aturan diatas nantinya kita diharapkan dapat menyajikan data dan hubungan antar data yang diperlukan oleh user dan aplikasi yang dirancang, kemudahan dapat mempermudah dalam memahami sebuah informasi, dan nantinya juga dapat mendukung penyajian data transaksi yang dibutuhkan.

Berikutnya untuk membuat sebuah database, table, dan field ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantanya yaitu :

  1.     Setiap database, table, dan field di dalam database mysql yaitu bersifat case-sensitive, karen besar kecil huruf akan dianggap berbeda,
  2.     Nama database, table,dan field maksimal 64 karakter
  3.     Kita tidak disankan menggunakan simbol, atau karakter khusus untuk pembuatan nama database, table,dan field karena akan bermasalah didalam sistem operasi yang lain.
  4.     Untuk penamaan database, table,dan field disarankan menggunakan nama yang mencerminkan atau yang sesuai dengan isi dari data yang akan disimpan.

Teknik untuk merancang sebuah database adalah bagaimana kita dapat memberikan kemudahan dalam user dan database tersebut nantinya juga dapat kita gunakan dengan jangka waktu yang cukup panjang.

Untuk merancang database kita bisa menggunakan software ataupun aplikasi seperti MySQL Workbench atau kita juga bisa menggunakan https://online.visual-paradigm.com/drive/#diagramlist:proj=0&new

Oke teman-teman itulah pembahasan kita pada tutorial Cara Merancang Database Dengan Tepat.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

WhatsApp chat