Hallo teman-teman jika berbicara soal framework yang satuย  ini kita pasti dan sudah seharusnya tidak lagi kaget dengan kecepatan update versinya, yups.. benar framework laravel telah rilis versi terbarunya yaitu versi laravel 7 ๐Ÿ˜€ .ย Oke jangan kaget terlebih dahulu karena baru saja beberapa bulan yang lalu rilis laravel versi 6 dan sekarang sudah ada versi 7 nya.

Yang perlu teman-teman ketahui bahwasanya laravel sekarang akan mengupdate versi mayor realesee nya setiap 6 bulan 1 kali jadi jika dalam 6 bulan kedepan akan ada versi 8 ja.ngan kaget ya heheh.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fitur keren lainya dari laravel 7 yaitu Mail Markdown Templates ,ย sebenarnya apa itu Mail Markdown Templatesย sebenarnya ini adalah sebuah perintah untuk membuat file template email tetapi dengan tambahan fitur markdown sehingga kita bisa customise template email kita bukan hanya dari file blade nya melainkan dari file PHP class yang mana sudah di sedikan.

Oke langusng saja kita memncobanya untuk membuat Mail Markdown Templates dengan perintah :

 

php artisan make:mail UserRegisterdMail --markdown emails.user-registerd

dengan perintah tersebut akan membuat dua directory baru yaitu :

1. App/Email/UserRegisterdMail.php
2. Resources/Views/user-registerd.blade.php

Untuk melihat design template email terbarunya kita bisa dengan cepat menggunakan route web.php kita untuk memanggil class email terebut dengan perintah seperti ini :

use App\Mail\UserRegisterdMail;
Route::get('/email', function () {
    return new UserRegisterdMail();
});

Dengan perintah tersebut maka jika di jalankan maka akan tampil se[erti berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah sebelum kita melakukan customise dengna markdown nya kita harus melakukan publish terlebih dahulu untuk mengenerate semua file markdownya dengan perintah :

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah kita publish semua markdownya kita dapat mengcustomise nya pada bagian :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Misal kita akan merubah bagian footer pada template emailnya kita dnegna simple dapat merubah di bagian markdown nya menjadi seperti ini :

 

<tr>
<td>
<table class="footer" align="center" width="570" cellpadding="0" cellspacing="0" role="presentation">
<tr>
<td class="content-cell" align="center">
<p>ยฉ Dumet school | 2020</p>
</td>
</tr>
</table>
</td>
</tr>

Sehingga templatenya menjadi seperti ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tentang Mengenal Fitur Terbaru Laravel 7 โ€“ Mail Markdown Templatesย kita akan bahas lebih mendalam lagi tentang Fitur lainya pada laravel 7 di artikel selanjutnya.

WhatsApp chat