Hallo teman-teman jika berbicara soal framework yang satu  ini kita pasti dan sudah seharusnya tidak lagi kaget dengan kecepatan update versinya, yups.. benar framework laravel telah rilis versi terbarunya yaitu versi laravel 7 😀 . Oke jangan kaget terlebih dahulu karena baru saja beberapa bulan yang lalu rilis laravel versi 6 dan sekarang sudah ada versi 7 nya.

Yang perlu teman-teman ketahui bahwasanya laravel sekarang akan mengupdate versi mayor realesee nya setiap 6 bulan 1 kali jadi jika dalam 6 bulan kedepan akan ada versi 8 ja.ngan kaget ya heheh.

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Mengenal Fitur Terbaru Laravel 7 – Fluent Strings sekarang kita membahas fitur terbaru lainya, Yaitu Mengenal Fitur Terbaru Laravel 7 – PHP Artisan Test.

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa menggunakan kaidah TDD atau Test Driven Development pasti sudah paham tentang Testing khususnya pada PHP.   Biasanya ketika kita ingin melakukan testing atau lebih tepatnya melakukan atomated Test menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk PHP kita memiliki yang namanya PHP Unit.

Dalam dunia pemrograman, Unit Testing adalah metode verifikasi perangkat lunak di mana programmer mengetes bahwa suatu unit program layak untuk dipakai. Unit tes biasanya ditulis dan dijalankan oleh programmer untuk memastikan bahwa kode memenuhi desain dan berperilaku sebagaimana diinginkan. Tujuan dari pengujian unit adalah mengisolasi setiap bagian dari program dan menunjukkan bahwa bagian-bagian individu (unit-unit tersebut) adalah benar.

Di laravel untuk dapat menggunakan perintah PHP unit bisanya kita menggunakan perintah berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

Untuk versi laravel terbaru ini kita bisa menggunakan perintah ini tetapi dengan adanya penambahan dari segi view atau tampilan akan lebih memudahkan kita dalam melakukan Test :

 

 

 

 

 

 

saat ini cukup sampai di sini tentang Mengenal Fitur Terbaru Laravel 7 – PHP Artisan Test kita akan bahas lebih mendalam lagi tentang Fitur lainya pada laravel 7 di artikel selanjutnya.

WhatsApp chat